Pendidikan

SMAN 1 Batujaya Laksanakan Simulasi II UNBK

on

Karawang,revolusi.news

Sebagai salah satu peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMAN 1 Batujaya melaksanakan Simulasi II UNBK selama 2 hari mulai Rabu-Kamis (07-08/02/18). Sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan, simulasi II tersebut merupakan lanjutan dari Simulasi I yang telah dilaksanakan tanggal 13 dan 14 Nopember 2017.

SMAN 1 Batujaya

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Batujaya, Agus Juanda MPd mengatakan silumasi tersebut merupakan proses panjang dunia pendidikan nasional untuk melaksanakan dan menyukseskan ujian nasional berbasis komputer. Dengan tujuan untuk mengenalkan para siswa, guru pengawas, dan proktor beserta teknisi terhadap mekanisme penyelenggaraan ujian dan teknis operasional program UNBK,

“Intinya melalui simulasi ini, diharapkan setiap peserta menguasai cara menggunakan perangkat lunak komputer dalam menjawab soal-soal yang diberikan,” ungkap Agus Juanda, Rabu (07/02/18).

Sementara untuk mendukung proses penyelenggaraan UNBK tersebut, menurutnya SMAN 1 Batujaya Kabupaten Karawang telah menyiapkan 6 Ruang dengan 6 server utama dan 3 server cadangan. Yang didalamnya terdapat 126 PC dan 12 Cadangan PC dengan dibagi menjadi 3 sesi.

“Server dan komputer cadangan juga disiapkan untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu dibutuhkan demi kelancaran proses ujian para siswa,”ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam penyelenggaraan Simulasi II tersebut diikuti seluruh peserta didik kelas XII dengan jumlah 377 siswa dari 2 Program MIPA 207 ( L=70, P = 137) dan Program IPS Jumlahnya 177 ( L = 43, P = 134),

“Alhamdulillah semua masalah bisa dihadapi dan diselesaikan berkat kerjasama Tim Proktor dan Teknisi UNBK SMA Negeri 1 Batujaya, Arahan Kepala Sekolah, Tim Operator UNBK Kab. Karawang, Pengawas Pembina,”ungkapnya.

Simulais II UNBK

Selanjutnya menurut dia, tujuan Simulasi II adalah secara umum untuk lebih mengenalkan lagi para siswa, guru pengawas, dan proktor beserta teknisi terhadap mekanisme penyelenggaraan ujian dan teknis operasional program UNBK setelah simulasi 1. Sementara secara khusus tujuannya mengecek kondisi peralatan UNBK ( Hardware), latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur UNBK, latihan melaksanakan ujian UNBK, mengecek sistem dan prosedur UNBK (Software), latihan siswa dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer,

“Latihan ujian atau simulasi dengan siswa dapat dilakukan setelah prosses sinkronisasi. Dan simulasipun baru bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh server pusat,”pungkasnya.

By:
Editorial : (Tim Redaksi)
Jurnalis : Jas
Copyright © 2018 . Media Revolusi

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *