Wartabumi

Realisasikan Program Citarum Harum, Pemkab Karawang Gandeng 7 Perusahaan

on

Karawang,revolusi.news – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang menggandeng 7 perusahaan dalam mendukung program citarum harum dengan menanam 3600 pohon di bantaran sungai citarum di sekitar Perum Bintang Alam,Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Jawa Barat,Kamis(19/4).

Menurut Wawan, pemerintah daerah bersama tujuh perusahaan yaitu  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Multi Indo Mandiri, PT Pupuk Kujang, PT PLN, Pengelola Kawasan KIIC, PT HM Sampoerna, dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa secara bersama melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum.

“Penanam pohon ini dilakukan dengan cara urutan antara pemkab dan perusahaan. Sebanyak 3600 pohon dari 7 perusahaan.Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program citarum harum,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang.

Kegiatan pemulihan sungai citarum tersebut dilakukan sebagai langkah dukungan terhadap program citarum harum yang dicanangkan Pemerintah dalam melestarikan sungai Citarum.

“Dilihat dari kondisi sungai citarum yang merupakan sungai tercemar di dunia, hal ini menjadi perhatian kita semua. Dengan demikian kami mengambil sikap dengan mengkampanyekan program tersebut,” ucap Wawan.

Program Citarum Harum

Menurutnya,sungai citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki panjang 300 km, dan sangat disayangkan jika kondisi keadaan sekarang dicemari limbah domestik, limbah industri dari pabrik dan limbah peternakan dan perikanan.” Padahal sungai citarum memiliki fungsi vital dan bermanfaat karena bisa menjadi sumber air minum bagi masyarakat dalam jangka panjang,”lanjutnya.

Oleh karena itu untuk terwujudnya penanaman pohon di bantaran sungai citarum di Kabupaten Karawang harus melibatkan beberapa pihak baik dari pihak dunia usaha , kader lingkungan, patroli sungai, kader-kader ecovilage maupun masyarakat dan pemerintah daerah untuk melestarikan.

Penanaman 3600 pohon dibantaran sungai ini di ikuti oleh Pemerintah Daerah yang dipimpin langsung Asisten Pembangunan,Ahmad Hidayat,Kepala DLHK Wawan Setiawan,TNI,Polisi ,Pihak Perusahaan dan warga di sekitar.

Editorial : (Tim Redaksi)
Jurnalis : Dewi/Shavitri
Copyright © 2018 . Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *