Kuliner

Proses Pembuatan Opak Makanan Khas Sunda

on

Karawang, revolusi.news – Opak Makanan Khas Sunda adalah berjenis makanan ringan yang berbentuk menyerupai kerupuk yang memiliki tektur yang sangat renyah,hanya saja opak terbuat dari tepung beras ketan, sedangkan kerupuk di buat dari bahan dasar tepung tapioka.

Opak ketan terdiri dari 2 macam rasa,yaitu rasa asin dan manis. Opak ketan sangat cocok di sajikan ketika kedatangan tamu atau bisa juga dimakan sa’at sedang santai atau berkumpul dengan keluarga atau acara hajatan di rumah,seperti acara syukuran, khitanan, arisan keluarga dan lain lain.

Opak asin ini bisa.di temui di Desa kedawung Kecamatan lemah Abang kabupaten Karawang, yang salah satu pengerajin pembuatan Opak tersebut bernama Ijang.

Opak Makanan Khas Sunda

Proses Pengeringan dengan arang

Yang sa’at itu di temui wartawan Revolusi News,bagaimana cara pengolahan pembuatan opak tersebut.Cara membuat opak ketan khas sunda :

  1. Cuci beras ketan putih sampai bersih kemudian tanak sampai menjadi nasi ketan.
  2. Setelah itu nasi ketan di tumbuk,kemudian di campur kelapa parut.
  3. Campuran bahan tersebut di bentuk pipih dengan ukuran sesuai selera anda.
  4. Adonan yang telah di bentuk lalu di jemur sampai kering di bawah sinar matahari.Pengeringan dapat dilakukan dalam ruangan tertutup.yang di hangatkan dengan baskom alumunium yang di isi bara dari arang dan abu gosok.
  5. alau adonan sudah kering, bakar pada nampan kawat yang di letakan di atas bara dan abu gosok.
    Pemanggangan di lakukan sampai berwarna kuning kecoklatan.
Opak makanan khas sunda

Proses pengeringan Opak, Foto Budi S

Demikianlah hasil wawancara dari salah satu pengerajin pembuat Opak Ketan yang butuh perhatian permodalan dari pemerintah setempat untuk pengembangan usaha di bidang makanan ringan yang menjadi komoditi makanan ringan khas sunda.Karawang, Juma’t (1/06/2018) wartawan Revolusi News.

Editor. : Redaksi
Jurnalis : Budi Santoso
Copyright ©2018 Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *