Pemerintahan

PROGRAM UPAYA KHUSUS (UPSUS) Subang Perlu Di Pertanyakan?

on

 

Upaya pemerintah dalam meningkatkan pertanian pangan dalam diwujudkan melalui program yang disebut UPAYA KHUSUS (UPSUS) di fokuskan untuk meningkatkan produksi pangan ditiga komoditas utama “padi jagung kedelai “(PAJALE).

 

Tanaman pangan merupakan sektor yang sangat penting dan fital dalam suatu bangsa, mengingat pentingnya kesediaan pangan dalam suatu negara termasuk indonesia sendiri, maka pemerintah pusat membuat program program yang berhubungan dengan pertanian yang di harapkan mampu menunjang kebutuhan dalam negeri tampa harus mengimpor dari negara negara tetangga serta bertujuan untuk menaikan tataf hidup petani dan Indonesia saat ini memprioritaskan empat empat jenis tanaman pangan yaitu: Padi, Jagung, Kedelai dan ubi kayu untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat berkelanjutan.

Upaya pemerintah dalam meningkatkan pertanian pangan dalam diwujudkan melalui program yang disebut UPAYA KHUSUS (UPSUS) di fokuskan untuk meningkatkan produksi pangan ditiga komoditas utama “padi jagung kedelai “, (PAJALE).

Pengolahan tanam terpadu (PTT) padi sawah bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dari segi hasil dan kualitas dengan penerpan teknologi yg sesuai dan spesifik,lokasi serta program lainya di samping itu jagung dan kedelai juga merupakan komoditas strategis yang ada di kabupaten Subang.

PAJALE (padi jagung dan kedelai), saat ini banyaknya program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produksi ketiga komoditi tersebut ,guna pencapaian swasembada pangan dimana keinginan pemerintah pusat agar suatu daerah mampu memenuhi kebutuhan sendiri dalam bidang pangan sebagai upaya untuk memenuhi kebtuhan pangan yang terus meningkat.

Program padi jagung dan kedelai terus di gulirkan oleh pemerintah pusat, Dana dalam jumlah dari Anggaran Pembangunan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 sebesar 16,9 Triliun Rupiah, dengan sebesar itu pemerintah pusat memberikan sejumlah target penambahan produksi padi, jagung, dan kedekai setiap daerah.

Namun yang perlu di perhatikan bersama terkait Program PAJALE yang terus digalakan pemerintah pusat di sambut baik oleh pemerintah daerah, khusunya di Kabupaten Subang? apakah program PAJALE Kab. Subang di laksanakan atau mandeg di tengah jalan? ini penting untuk kita klarifikasi lanju Demi tercapainya Kabupaten Subang menjadi Kabupaten Swasembada pangan Nasional.

Disamping itu pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada para petani Kabupaten Subang dimana sebagian di salurkan melalui Dinas Pertanian Kab. Subang dengan harapan untuk meningkatkan produtivitas dan menambah areal tanamnya , batuan tersebut disalurkan dalam bentuk Benih, Pupuk, perbaikan irigasi, dan alat mesin pertanian (ALSINTA) namun sistem peyalurannya masih penuh pertanyaan, bersambung.***

Editor : Redaksi
Jurnalis : Tarfin A
Copyright ©2018 Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *