Kesehatan

Penyebab Sakit Perut Yang Sering Terjadi

on

revolusi.news – Sakit perut merupakan suatu keluhan yang sering dialami. Sakit perut merupakan satu keluhan yang muncul saat terjadi sesuatu yang salah dalam tubuh Anda. Penyebabnya pun bervariasi. Berikut ini lima penyebab sakit perut yang bisa terjadi pada Anda:

  1. Makan berlebihan

Terlalu banyak makan tentu saja akan membuat perut Anda merasa tidak nyaman. Anda sebaiknya tidak melewatkan jam makan. Tidak sarapan atau menunda makan siang dapat membuat Anda kalap di jam makan berikutnya. Makanlah setiap tiga hingga empat jam sekali dengan porsi secukupnya.

  1. Telat makan

Telat makan akan merangsang peningkatan asam lambung. Selain itu, makan terlalu malam juga akan membuat pencernaan Anda merasa tidak nyaman. Sistem pencernaan akan bekerja lebih lambat pada malam hari. Maka Anda sebaiknya makan malam lebih awal dan sempatkan untuk beraktivitas sederhana untuk merangsang kinerja pencernaan.

  1. Gastritis

Jika Anda mengalami rasa terbakar dan mual selain sakit perut, bisa jadi Anda mengalami gastritis atau peradangan pada lapisan perut Anda. Bagi kebanyakan orang, gastritis akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sup, kaldu, atau teh herbal dapat mempercepat proses penyembuhan. Jika gejala tidak hilang selama beberapa hari, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Konstipasi

Konstipasi akan membuat Anda sakit perut. Konstipasi juga akan membuat Anda selalu merasa kenyang dan tidak nafsu makan. Tingkatkan asupan serat Anda dan segera minum air putih setelah bangun tidur untuk mengatasi konstipasi.

  1. Serangan jantung

Wanita lebih sering mengalami gejala ini daripada pria saat mengalami permasalahan kardiovaskular yang satu ini. Banyak wanita yang dirawat di ruang IGD mengira mereka mengalami masalah pencernaan, padahal mereka sebenarnya mengalami serangan jantung. Gejala umum lainnya yaitu mual, muntah, tekanan pada dada, dan pusing. Jika Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya segera kunjungi pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan, terutama bagi Anda yang memiliki risiko tinggi penyakit jantung.

Editorial : (Tim Redaksi)
Sumber : 1Health
Copyright © 2018 . Media Revolusi

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *