Pemerintahan

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2019

By

on

Musrenbang RKPD

Karawang,revolusi.newsMusyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karawang Tahun 2019 adalah kegiatan pamungkas di tingkat kabupaten.

Kegiatan ini terlaksana atas dasar Musrenbang RKPD tingkat Desa/Kelurahan, Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dan Forum SKPD, dan Musrenbang Ibu dan Anak.

Musrenbang RKPD Tahun 2019 ini dilaksanakan pada hari Kamis (15/03), yang dibuka oleh Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana bertempat di Ballroom Mercure Hotel Karawang.

Bupati Karawang mengajak peserta Musrenbang RKPD menyatukan tekad, pikiran, dan langkah untuk mewujudkan Perencanaan Pembangunan Daerah yang Berkesinambungan.

“Kegiatan Musrenbang RKPD ini memiliki 6 bidang program prioritas, yaitu bidang pembiayaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang permukiman, bidang pertanian dan terakhir bidang infrastruktur,” ucap Cellica didepan peserta Musrenbang, Kamis, (15/03/2018)

Diterangkan Cellica program pembiayaan adalah mengoptimalkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk bidang pendidikan ada beberapa item yang harus dilaksanakan.

“Yaitu berupa peningkatan pelayanan dan jaminan pendidikan, pembangunan Ruang Kelas Baru dan rehab gedung sekolah serta program beasiswa sebesar Rp.5 miliar,” ucap Cellica.

Untuk bidang pendidikan Cellica menekankan beberapa program yang menyentuh langsung pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
“Program tahun 2019 ini adalah pembangunan RS Paru, pembangunan Puskesmas dengan tempat perawatan, penyediaan rumah Karawang di dekat RSHS Bandung sehingga masyarakat Karawang yang berobat ke Bandung bisa memanfaatkan fasilitas Rumah Karawang tersebut dan mengurangi biaya akomodasi pasien dan keluarga pasien,” ucapnya.

Program unggulan pemda Karawang yang dinanti-nanti masyarakat berpenghasilan rendah adalah program pengentasan Rumah Tidak Layak Huni akan tetap menjadi prioritas di tahun 2019.

“Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni dengan sampai akhir jabatan Cellica-Jimmy harus tuntas sebanyak 6400 rumah tidak layak huni,” ucapnya.

Prioritas di bidang pertanian adalah asuransi bagi lahan pertanian agar petani dapat nyaman berusaha walaupun ditengah perjalanan mendapatkan musibah atau force majeur. “Asuransi kepada pemilik lahan pertanian dengan kriteria yang telah ditentukan dengan luas lahan yang diasuransikan mencapai 60.000 hektar,” ucapnya.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah bidang infrastruktur yang menargetkan beberapa pembangunan jembatan strategis dan penataan kota.

“Pembangunan beberapa jembatan strategis dan under pas wirasaba disamping pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan lainnya, penataan kota dengan merapikan pedestrian, taman dan area parker,” ucapnya.

Di akhir sambutan Bupati Karawang berharap hasil Musrenbang ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh demi kepentingan rakyat. “Meskipun Musrenbang dilaksanakan secara rutin setiap tahun, Bupati meminta Musrenbang RKPD untuk dilaksanakan secara sungguh sunguh dan dan penuh semangat, sehingga dapat menghasilkan usulan program dan kegiatan yang akurat dan berkualitas demi kepentingan masyarakat,” harapnya.

By:
Editorial : (Tim Redaksi)
Copyright © 2018 . Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *