Desa

Mengenal BUMDes Desa Rengasdengklok Selatan

on

Karawang ,revolusi.news – Bergunanya program Bumdes dari pemerintah yang membantu UKM dalam menggerakan roda prekonomian desa, serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan pendapatan masyarakat desa, mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat, dan banyak manfaat lainnya,” ungkap ‘Tohir, selaku Ketua Bumdes Rengasdengklok Selatan (27/4) kepada awak Media.

Pada dasarnya, lanjut Tohir, pendirian dan pengelolaan BUMDes merupakan wujud dari pengelolaaan ekonomi produktif desa ini yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustainable.

“Untuk itulah kami melaksanakan pengelolahan BUMDes ini sangat serius agar bisa berjalan secara mandiri, efektif dan profesional,” tambahnya.

Dikatakanya, untuk mencapai tujuannya BUMDes menggunakan cara pemenuhan kebutuhan masyarakat, selain simpan pinjam adalah dalam bentuk pelayanan barang dan jasa, seperti yang sedang dilaksanakan sekarang adalah di bidang usaha mubeler, dan simpan pinjam unuk memenuhi kebutuhan Masyarakat.

“Kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi adalah kebutuhan pokok, sementara ini adalah penyediaan dibidang mubeler dan simpan pinjam juga jual beli Emas, selain itu pembekalan usaha bagi masyarakat juga menjadi salah satu tanggungjawab dari BUMDes,” ujarnya.

Diharapkan untuk kedepan, pemerintah agar dapat membantu untuk pengembanganya selain bentuk mubeler, sehingga dalam pemasaranya bisa ke luar daerah.

“Untuk mengatasi tantangan kapasitas tersebut, pemerintah agar dapat membantu permodalan tambahan melalui UEP atau PKM,” ungkap tohir.

Sementara ‘Darim selaku Kepala Desa Rengasdengklok, mengatakan, saya sangat mengapresiasi dan Berdirinya BUMDes harus berdasarkan dari hasil musyawarah desa. Unsur musyawarah desa terdiri dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, perwakilan kelompok perempuan, perwakilan tani dan seluruh unsur masyarakat desa lainnya.

“Pendirian BUMDes seyogyanya sesuai dengan kebutuhan, kondisi ekonomi dan sosial budaya masyarakat,” tandas Darim.(kades Rengasdengklok Selatan).

Editorial : (Tim Redaksi)
Jurnalis : Asep S
Copyright © 2018 . Media Revolusi

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *