Sosial

Lebih Dari 3 Orang, Pemudik Sepeda Motor Akan Diturunkan

on

“pemudik dengan sepeda motor harus mematuhi seluruh aturan lalu lintas yang berlaku, dengan tidak membawa penumpang yang melebihi muatan”.

Jakarta, revolusi.news – Pemudik sepeda motor yang berboncengan lebih dari tiga orang, dua orang dewasa dan seorang anak, akan dihentikan dan dipindahkan ke moda transportasi bus.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Tony Surya Putra, mengatakan langkah itu akan dimulai saat pihaknya melakukan pemantauan di daerah Kalimalang, Jakarta Timur.

pemudik sepeda motor

Moda transportasi bus itu, ia melanjutkan, telah disiapkan oleh Polres Metro Jakarta Timur.

“Saya akan menyiapkan satu bus, kalau kami mendapati pemudik sepeda motor berpenumpang lebih dari tiga akan kami hentikan dan salurkan ke bus itu,” kata Tony di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (09/06/2018).

Tony menjelaskan pemudik bersepeda motor yang diizinkan bonceng tiga, hanya mereka yang membawa anak kecil dalam posisi digendong oleh orangtuanya.
Izin bonceng tiga di sepeda motor, ia melanjutkan, tidak berlaku bila seluruh penumpang masuk dalam kategori orang dewasa.

“Itu melanggar kalau tiga orang (dewasa) naik sepeda motor,” ucapnya.

Ia mengatakan pemudik dengan sepeda motor harus mematuhi seluruh aturan lalu lintas yang berlaku, dengan tidak membawa penumpang yang melebihi muatan.

Apalagi, ia melanjutkan, sampai melebihi batas izin penumpang dan menambah papan di belakang sepeda motor sebagai tempat menaruh barang bawaan.

“Misalnya anaknya tiga orang, satu yang kecil duduk di depan dan dua yang sudah agak besar di tengah, kemudian istrinya. Lalu di belakang masih disambung papan, ini akan kami hentikan dan salurkan ke bus,” ujar Tony.

Editor : Redaksi
Sumber : CNN Indonesia
Copyright ©2018 Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *