Religi

Haul Guru Sekumpul akan di hadiri presiden

on

haul guru sekumpul

Martapura revolusi.news
Presiden Joko Widodo di jadwalkan akan menghadiri acara Haul guru Sekumpul (Alm. KH Zaini Abdul Ghani ) ke-13 yang di gelar di Sekumpul, Kota Martapura, Kalimantan Selatan, pada hari ini Minggu, 25 Maret 2018. Ribuan personel gabungan diturunkan untuk mengamankan acara tersebut.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) Pengamanan Presiden Kolonel Inf Yudianto Putrajaya mengatakan, personel gabungan dari TNI, Polri, dan pengamanan di daerah sudah disiagakan sejak Sabtu kemarin.
“Jumlah seluruh personel gabungan 3.000 orang dan seluruhnya sudah siaga pada titik yang ditetapkan,” ujar Yudianto di halaman kantor Gubernur Kalsel, Banjar Baru Sabtu, 24 Maret 2018.

Menurut Komandan Resimen Induk (Danrem) 101/Antasari itu, pengamanan Jokowi meliputi kehadiran di acara haul guru sekumpul ke-13 di Sekumpul Kota Martapura, Minggu malam.

Dia mengatakan, petugas keamanan yang diturunkan di acara haul ulama kharismatik Kabupaten Banjar, Kalsel itu disiapkan khusus menyesuaikan kegiatan keagamaan yang kental nuansa religius.

Sementara di komplek Sekumpul,ratusan ribu jamaah telah memadati pengajian dalam rangka haulan tersebut, Sabtu malam.
“Jamaahnya banyak sekali, padahal malam ini kegiatan khusus kerabat dan alim ulama di depan kubah makam tetapi jamaah meluber keluar Jalan Sekumpul Raya,” ujar udin salah satu jamaah.

Disebutkan, jumlah jamaah haul guru sekumpul ini hampir seluruhnya mencapai ratusan ribu karena mereka memadati Jalan Sekumpul Raya hingga ke Jalan A Yani Martapura sekitar 1,5 kilometer dari pusat acara.

Menurut warga Martapura itu, jumlah jamaah sebanyak itu menyamai haulan tahun 2006 lalu yang meluber hingga mencapai Jalan A Yani dan saat itu masih siang hari hingga menjelang Maghrib.

“Kami yakin, jumlah jamaah Ahad siang hingga menjelang Maghrib tembus 1 juta lebih hingga menyeberangi Jalan Ahmad Yani seperti haulan tahun 2017 hingga ke Jalan Menteri Empat,” ucapnya.

haul guru sekumpul

 

Seperti di lansir dari harian Antara, Pada Sabtu malam, ruang induk Musala Ar Raudhah yang menjadi pusat kegiatan diisi pembacaan doa-doa tahlil dipimpin ulama sepuh tuan Guru Masdar ulama dan ulama lainnya.

Dua anak ulama kharismatik itu yakni Muhammad Amin Badali dan Muhammad Hafi Badali duduk tepat di depan makam Guru Sekumpul membacakan syair dan doa-doa untuk ayahandanya.

Keduanya yang sudah mulai beranjak dewasa mengiringi pembacaan doa-doa di depan makam yang dipenuhi jamaah dengan pakaian muslim serba putih dan larut dalam lantunan doa tahlil.

Pembacaan doa tahlil, Sabtu malam di depan kubah makam adalah kegiatan khusus kerabat, alim ulama dan murid-murid Guru Sekumpul sebagai rangkaian haul ke-13 ulama besar itu.

By:
Editorial : (Tim Redaksi)
Copyright © 2018 . Media Revolusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *