Pemerintahan

Untuk Kebersihan Karawang, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Lakukan Inovasi Baru

By

on

Karawang,revolusi.news
Baru dicobanya inovasi baru yang diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dalam penanganan kebersihan dan sampah di Karawang, sudah menjadi sorotan dari banyak pihak termasuk dari kalangan ASN Karawang. Pasalnya mulai awal Januari 2018 Tenaga Harian Lepas (THL) kebersihan atau pasukan orange dikelola oleh pihak ke Tiga. Namun untuk honor,BBM dan armada truk kebersihan serta biaya perawatan semua masih menggunakan anggaran APBD kabupaten Karawang.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Kepala DLHK Wawan Setiawan menyampaikan, kita coba kerjasamakan dengan pihak ke Tiga untuk kebersihan dan tenaga kebersihannya, Karena pada tahun 2017 PAD dari sampah hanya 63 persen pencapaian dari target yaitu 5,4 M pertahun.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Lanjut Wawan, “selaku kepala dinas,selaku penanggung jawab perlu ada inovasi inovasi bagaimana caranya agar PAD dari kebersihan meningkat dan tercapai , kebersihan lebih bisa meningkat dan pengawasan serta pembinaan terhadap THL kebersihan bisa lebih terpantau”, Harapnya.
“Kita coba kerjasama dengan pihak swasta atau pihak ke Tiga dalam penanganan sampah dan kebersihan di wilayah Rengasdengklok dan 5 jalur diwilayah Karawang kota, dengan adanya kerjasama ini diharapakan semuanya bisa lebih, ya PAD ,kebersihannya, efisiensinya, pokoknya untuk keberhasilan dan kebaikan Karawang agar Karawang lebih bersih, Karawang lebih sehat,Karawang lebih indah itu harapan kita semua”, kata Wawan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Sementara kabid kebersihan ,pengelolaan sampah dan limbah DLHK Nevi Fatimah menyatakan, walupun untuk kebersihan di kerjasamakan dengan pihak ke Tiga, tapi tetap THL kebersihan masih yang lama dan honornya juga tidak ada pemotongan, jadi gak ada masalah. Kita berharap justru adanya kerjasama dengan pihak ke Tiga akan lebih baik untuk pengawasan ,pembinaan dan kebersihannya terutama peningkatan PAD, sampah dan kebersihan teratasi, pungkasnya.”

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Adapun yang kita coba kerjasamakan dengan pihak ke Tiga dalam penanganan kebersihan yaitu diwilayah Rengasdengklok yang dikelola oleh perorangan dengan disiapkan 6 armada truk sampah untuk 5 wilayah kecamatan. Sedangkan untuk wilayah Karawang kota di 5 jalur di 2 wilayah kecamatan yang dikelola oleh salah satu yayasan , kita siapkan 5 armada truk sampah.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Nevi menambahkan, “Ini baru percobaan kita lakukan kontrak kerjasama selama 1 tahun dahulu, yang nantinya dalam setiap bulan dan akhir tahun kita evaluasi, dari satu bulan yang sudah berjalan ada peningkatan dan evisiensi serta penambahan pendapatan dari hasil kebersihan meningkat”, ungkapnya (Adin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *