Umum

Mengenal Manfaat dan Bahaya Caustic Soda

By

on

Natrium hidroksida (NaOH), juga dikenal sebagai Caustic Soda, soda api, atau sodium hidroksida, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Natrium hidroksida membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air.

Di gunakan di berbagai macam bidang industri, kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan deterjen. Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia. Natrium hidroksida murni berbentuk putih padat dan tersedia dalam bentuk pelet, serpihan, butiran ataupun larutan jenuh 50% yang biasa disebut larutan Sorensen.

Ia bersifat lembap cair dan secara spontan menyerap karbon dioksida dari udara bebas. Ia sangat larut dalam air dan akan melepaskan panas ketika dilarutkan, karena pada proses pelarutannya dalam air bereaksi secara eksotermis. Ia juga larut dalam etanol dan metanol, walaupun kelarutan NaOH dalam kedua cairan ini lebih kecil daripada kelarutan KOH. Ia tidak larut dalam dietil eter dan pelarut non-polar lainnya. Larutan natrium hidroksida akan meninggalkan noda kuning pada kain dan kertas.

NaOH (Natrium Hydroxide) disebut juga soda api atau Lye atau kaustik soda. Fungsi NaOH dalam proses filter air adalah sebagai media regenerasi untuk jenis resin anion. NaOH ini harus ditempatkan tersendiri di dalam brine tank dan dihubungkan melalui selang menuju tangki utama yang berisi media filter resin anion. Pada saat terjadi regenerasi maka NaOH akan bercampur kedalam tangki utama dan akan meng-atifkan kembali resin anion yang awalnya sudah jenuh.

Selain digunakan di dunia filter air NaOH juga digunakan dalam proses pembuatan sabun yaitu NaOH 30%. NaOH 30% , arti secara sederhana adalah melarutkan 30 gr NaOH dengan air sebanyak / seberat 100 gr, (100 ml dan 100 gr sama khusus untuk air). NaOH merupakan senyawa alkali yang bersifat basa dan mampu menetralisir asam.

Jika terkena mata atau kulit akan iritasi, bisa terasa perih dan panas seperti “melepuh”.itu sebabnya soda api sangat membahayakan tubuh bahkan menimbulkan kematian jika dikonsumsi. Kalau terkena kulit, secepatnya dibilas dengan air supaya mengurangi rasa sakit. Karena itu disarankan memakai sarung tangan dan kacamata sebelum menggunakannya.

Editorial : (Tim Redaksi)
Copyright © 2018 . Media Revolusi

 

Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda
Caustic Soda

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *