Ekonomi

110 kelompok Tani Diberikan DAK Perbaiki Tersier.

on

KARAWANG. revolusi.news.– Mencegah gagal tanam akibat kekeringan, Pemerintah Kabupaten Karawang gelontorkan DAK Pusat untuk perbaikan saluran tersier di 110 titik di 27 kecamatan kota lumbung padi.

“Melalui DAK kita perbaiki irigasi di 110 titik di 27 kecamatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Karawang,Hanafi Chaniago, (29/06).

Dikatakannya anggaran DAK yang diberikan oleh APBN senilai Rp8,8 miliar itu akan digelontorkan untuk 110 kelompok tani. Anggaran itu langsung ditransferkan ke rekening kelompok tani.

Masing-masing kelompok tani akan mendampatkan anggaran dibawah Rp100 juta,yang diperuntukan langsung untuk perbaikan irigasi tersier mereka.

“Hanya Rp80-Rp90 juta. Dibawah Rp100 juta masing-masing kelompok. Peruntukan untuk perbaikan pengairan mereka,” katanya.

Ia mengakui kerusakan pengairan tersier dan sekunder di Karawang masih sangat parah. Tingkat pedangkalan dan penyempitan terjadi di seluruh pengairan di Karawang.

110 kelompok Tani Diberikan DAK

“Kerusakan mencapai 60 persen. Kita masih belum memiliki anggaran yang besar. Bantuan dari pusat pun hanya untuk sebagian kecil saja. Sedangkan untuk Jitut saja yang digelontorkan dari pemerintah daerah hanya Rp900 juta,” katanya. (diskominfo).

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *